![]() |
Perkembangan Digital Marketing |
Di Indonesia, digital marketing sudah sangat berkembang mengingat pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat. Menurut survey yang dilakukan oleh Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa penetrasi dan perilaku pengguna internet di Indonesia yang selalu meningkat 10% tiap tahunnya. Di tahun 2017, tercatat sebanyak 143,25 juta penduduk telah menggunakan internet. Tidak heran apabila digital marketing dapat berkembang secara pesat dalam memasarkan produknya di Indonesia.
Berikut laporan tentang perkembangan digital marketing di Indonesia saat ini:
Email menjadi platform paling efektif untuk digital marketing
Menurut data dari Radicati kurang lebih terdapat 2,8 miliar orang yang menggunakan email sebagai alat untuk berkomunikasi secara digital. Secara marketing, email juga sangat efektif karena mampu meningkatkan Return on Investment (ROI). Dengan masih banyaknya pengguna email di dunia, email masih dianggap sebagai platform pemasaran yang paling efektif. Selanjutnya disusul oleh iklan di sosial media, content marketing, dan influencer marketing.
Platform digital memiliki peluang besar
Berdasarkan survey dari GetCraft bahwa content marketing, platform mobile dan pengalaman konsumen adalah tiga kategori paling besar yang masih dapat dieksplorasi lebih dalam lagi. Bahkan, ketiga hal tersebut sangat mungkin untuk saling dihubungkan satu sama lain agar memiliki potensi marketing yang tinggi dengan menggunakan proses integrasi yang tepat.
Tantangan di digital marketing
Dalam laporannya, bahwa tantangan utama pelaku pemasaran di Indonesia adalah terbatasnya dana, ketrampilan, serta kurangnya sumber daya. Sedangkan bagi pengiklan, tantangannya yaitu kurangnya pemahaman tentang tujuan dari digital marketing. Kurang lebih 50% pengiklan kurang memahami metode pemasaran yang efektif bagi bisnis mereka. Akibatnya, sebagian besar konten digital marketing lebih ditujukan untuk membangun awareness, bukan untuk menghasilkan penjualan langsung atau direct sales.
Dalam praktiknya, banyak hal yang perlu diperhatikan agar dapat menerapkan digital marketing yang efektif untuk meningkatkan profit perusahaan. Digital marketing selalu mengikuti pasar yang sedang ada. Melihat kondisi seperti sekarang, dalam digital marketing, kita hanya memerlukan strategi yang dapat relevan dan melihat sejauh mana metode pemasaran dapat berkembang melalui tools digital marketing yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar